Monday, February 2, 2015

Dikira maling gara2 sensormatic


Sekitar tanggal 16 Maret 2014, saya ke IBCC Bandung bersama teman saya untuk beli meja dan kursi. Setelah itu saya mau pulang. Tapi saat mau turun pake eskalator, alarm di gate sensormatic nya bunyi... Satpam nya langsung bilang "Mas coba naik kesini lagi...", wew secara itu eskalator turun, jadi saya mesti lari naik ke atasnya?
Karena kaki udah cape puter2 di toko meja kursi, agak malas juga lari2, jadi ya saya menaiki eskalator turun dengan jalan biasa...ya gak sampe2 lah.. wkwkwkw

Akhirnya satpam nya bilang "Ini eskalator nya saya matikan ya.".
Saya jawab "Iya matikan aja" .. gitu kek dari tadi..

Setelah sampai ke atas, diperiksa ternyata harddisk portabel saya yang ke sensor :


Saya kalau bawa harddisk portabel, selalu pake dus nya, gk pake casing / sejenisnya... Bingung juga, waktu di BEC pas beli ini kok gak ada masalah? Mungkin waktu itu gk ada gate sensormatic nya kali ya?

Satpam nya bilang kurang lebih "Ini mau dimatiin gak sensornya?" 
Saya: "Memang bisa ya disini?"
Satpam: "Iya bisa..."

Satpam bawa dus nya ke kasir, deketin ke alat dan beep. Dia bilang klo gak dimatiin, nanti di tempat2 lain yg ada sensornya juga pasti kena lagi. Setelah itu saya keluar dengan damai...

Karena penasaran, saya coba teliti dus nya dan ternyata...



Itu dia tersangkanya....!!!
Masih gak puas, saya cabut tag sensormatic nya, nempelnya kuat juga:


Setelah dicabut, saya bedah...!!!
Bayangan saya ini tuh semacam RFID gitu, ada chip atau sejenisnya disitu dan di-nonaktifkan dengan cara "ngebakar" chip nya pake alat tadi, tapi ternyata...


Isinya cuma 2 lembar logam tipis mengkilap seperti kaca. Di belakang tag nya juga ada logam yg lebih tebel, nempel kuat ke dus nya.

Bingung juga, cuma logam2-an gitu, tapi bisa instant dinonaktifkan secara wireless dan valid untuk semua gate sensormatic dimana2 ?
Tanpa perlu jaringan internet ato sejenisnya?
What kind of sorcery is this  ??

Tiba2 saya berasa begitu gaptek dan seperti menghadapi teknologi alien... *lebay*

Saya cari lah info di dewa naga nya internet (Google). Ketemu lah saya dengan link ini:http://electronics.howstuffworks.com/everyday-tech/anti-shoplifting-device5.htm

Nama nya sensor dengan Acousto-magnetic system. Beuh keren juga ya namanya. Prinsip kerjanya pake resonansi gelombang radio gitu... Gelombang radio dari gate sensor akan membuat tag ini beresonansi, resonansi ini yang dilacak oleh gate di seberang nya. Kurang lebih begitu. Ini quote dari sumber nya:
When you walk through the gate with a tag, the transmitter in the gate energizes the material and causes it to resonate at F. The transmitter then stops. The tag will continue to "ring" at F for a short period of time, and the receiver listens for that frequency. If it hears it, it knows there is a tag and sounds the alarm.

When the AM tag is demagnetized, it is deactivated. When it's magnetized, it is activated. (This is the opposite of how the deactivation of EM tags works.)
Resonansi ini tergantung dari ukuran (besar) lembaran logam.
Dan..rahasianya: Logam di sensormatic tag itu ukurannya bisa mengecil kalau dikasih medan magnet dan membesar kalau medan magnet nya hilang! Tapi perubahannya cuma 1/1000 inci aja. Disini "sorcery" nya ternyata. Jadi saat dinonaktifkan di kasir, itu untuk menghilangkan medan magnet di tag nya, membuat tag ini tidak beresonansi dengan frekuensi radio dari gate sehingga alarm tidak bunyi...

Lengkapnya bisa baca aja di link yang tadi itu...

Baru tau saya ada teknologi semacem gini, simpel tapi tricky...

No comments:

Post a Comment

Artikel Lainnya

Related Posts with Thumbnails