Saturday, July 3, 2010

Ilmuwan Membuat Spesies Kehidupan Baru dari Bahan Kimia dan Komputer

 (klik gambar untuk ukuran besar)
Sebuah tim ilmuwan yang dikepalai oleh Dr Craig Venter dari J Craig Venter Institute (JCVI),Maryland dan California telah mengkonstruksi sebuah DNA dari bakteri dan mentransplantasikannya ke dalam sel induk. Penelitian ini telah dilakukan selama lebih dari 10 tahun dan memakan biaya kurang lebih 40 juta dollar AS!
Namun berbagai pihak termasuk pihak agama mengutuk hasil riset ini. Ada yang memperingatkan bahwa organisme sintetik ini dapat lepas ke alam liar dan dapat menciptakan bencana alam atau berubah menjadi senjata biologis. Ada juga yang mengatakan bahwa Venter bermain-main layaknya Tuhan.

Garis besar dari cara mereka membuat DNA sintetik ini adalah :
1. Meng-copy DNA dari bakteri Mycoplasma mycoides, dan dimasukkan sebagai data digital ke komputer.
2. Mengkonstruksi ulang DNA Mycoplasma mycoides yang sudah diberi watermark dengan bantuan komputer, synthesis machines dan bahannya adalah 4 botol bahan kimia.
3. Menyuntikkan DNA sintetik tersebut ke dalam sel M capricolum yang telah dikosongkan DNA aslinya.
4. Sel M.capricolum tersebut akan berubah bentuk menjadi Mycoplasma mycoides, termasuk watermark nya dan dapat berkembangbiak sekaligus menurunkan watermark tersebut ke keturunannya.

Hasilnya adalah bakteri yang terlihat dan berlaku seperti apa yang ditentukan oleh DNA sintetiknya.
Para ilmuwan berharap mereka dapat membuat bakteri yang meproduksi obat, bahan bakar dan bahkan yang dapat menghisap gas rumah kaca. Bakteri yang dikembangakan ini memiliki tanda (watermarks) yang dituliskan ke dalam DNA nya sebagai identifikasi dan membantu melacaknya ke penciptanya, jika suatu saat bakteri ini lepas.

"Kami sangat senang sekali saat sel ini terbentuk beserta dengan watermarknya" dikatakan Dr Venter kepada Guardian. "Dia sekarang adalah spesies yang hidup, bagian dari kehidupan di planet kita".
Julian Savulescu, professor dari Oxford University berkata "Venter telah membuka pintu yang amat besar dalam sejarah umat manusia. Dia sedang menuju fungsi dari Tuhan: menciptakan kehidupan buatan yang tidak pernah ada secara alami."
Diakatakan bahwa makhluk hidup ini (bakteri tersebut) orangtuanya adalah komputer...

Videonya :



Dan masih amat banyak video lainnya. Silahkan searching di youtube.
Selengkapnya baca di sumbernya langsung 
Sumber :
http://www.guardian.co.uk/science/2010/may/20/craig-venter-synthetic-life-form
http://news.bbc.co.uk/2/hi/science_and_environment/10132762.stm

Jurnal Science nya :
http://www.sciencemag.org/cgi/content/full/329/5987/52

Atau cari di google ... :p

No comments:

Post a Comment

Artikel Lainnya

Related Posts with Thumbnails