Tuesday, November 24, 2009

10 Instrumen Musik Abad-21

Share
Instrumen instrumen musik ini diciptakan dengan bantuan teknologi modern yang ada sekarang, seperti komputer, dan elektronik, kecuali dua alat musik, yaitu Hapi Drum dan Hydraulophone.
1.Eigenharp

 Eigenharp dikembangkan selama 8 tahun dengan dana lebih dari $ 16.5 juta, di klaim sebagai instrumen musik paling revolusioner dalam 60 tahun terakhir dan merupakan alat musik elektronik yang paling ekspresif yang pernah dibuat! Didesain khusus untuk live perfomance. 


"Harpa"ini dapat dimiliki dengan harga mulai Rp 5 juta an sampai hampir Rp60 juta rupiah !! Gambar lainnya dan videonya dapat dilihat di artikel :
Eigenharp:"Harpa" modern seharga Rp 59 Juta !!!


2.Electric Violin


Biola elektrik ini termasuk dalam keluarga instumen musik hibrid yang cukup baik untuk berada pada musik-musik modern.
Dikatakan bahwa biola ini dapat memproses getaran yang ada menjadi suara apapun yang ada di bawah matahari !!
Gak salah tuh ?? hehe



3. Tenori-On

Artis Toshio Iwai dan Yamaha bekerja sama untuk mendesain instrumen musik digital untuk abad 21 ini. Instrumen musik ini memiliki susunan lampu LED 16x16 yang merespon sentuhan. Cara kita membuat musik adalah dengan memprogramnya dengan menekan LED tersebut. Musik akan dijalankan dengan looping, atau pengulangan. Biar lebih jelas, simak videonya :
Video Demo 1 :


Video Demo, disini ada seorang DJ yang menggunakan Tenori-On.. Keren Euy !!


4. Samchillian

Ya, itu instrumen musik, bukan alat fitness biar perut jadi six-pack !
Samchillian adalah instrumen musik yang didesain agar ergonimis, dan setiap tombolnya merepresentasikan not yang relatif, bukan not yang fix seperti piano dsb. Saat dimainkan, fungsi dari setiap bagian di instrumen ini berubah terus menerus yang menyebabkan ekspresi musik yang penuh (maeninnya harus ahli, sepertinya...) Berikut videonya :




Ini juga namanya Samchillian, tapi bentuknya agak lain... Cara maeninnya agak aneh ?!?!?!




5. BeatBearing

Cara memainkannya adalah dengan memasukkan bola besi itu ke dalam lubang - lubang yang tersedia.
Setiap lubang memiliki bunyi unik.
Bunyi - bunyian yang sudah kita tentukan untuk berbunyi (wew) akan diulang terus (looping). Kita dapat merubahnya kapan saja..
Berikut videonya :



Versi lainnya :


6. Hapi Drum

Drum gembira... Ini adalah salah instrumen di daftar ini yang tidak memakai elektronik, selain Hydraulophone. Cara memainkannya dengan menepuk, memukul bagian - bagian yang terlihat dipilah - pilah. Setiap "lidah" tersebut akan memberikan nada yang berbeda - beda. Sepertinya ini sangat mirip dengan instrumen musik tradisional, namun yang dibuat pada abad ke-21 ...
Pada gambar juga terdapat sebuah "pentungan" yang bisa digunakan untuk memainkan drum bahagia ini ..
Videonya :



7. Electroencephalophone

Kelihatannya seperti seorang wanita yang mendengarkan iPod dibawah air. Namun sebenarnya mereka sedang menunjukkan cara pembuatan musik melalui electroencephalophone. Electroencephalophone adalah sebuah alat yang mengkonversi gelombang otak menjadi suara. Wanita tersebut adalah seorang psychotherapist bernama Ariel Garten, dan yang berada dalam "pemandian" adalah electroencephalophonist -sebutannya panjang amat- dan dua orang asistennya.
Saya sendiri tidak tahu bagaimana hasil musiknya, terdengar seperti apa. Dicari-cari di youtube, tidak ketemu videonya. Di artikel sumber juga tidak ada...

8. Hydraulophone

Alat musik yang menggunakan aliran air. Air mengalir dan keluar melalui lubang, kemudian pemain menutup atau merubah arah aliran airnya, yang memicu mekanisme didalamnya (piringan, ventilasi, katup) yang kemudian menghasilkan suara.Kalau dilihat cara memainkannya, sepertinya mirip dengan cara memainkan piano atau organ. Suaranya juga mirip-mirip. Saat kita memainkan instrumen ini, maka alunan musik yang kita mainkan akan ditemani dengan back sound berupa gemericik suara air...
Videonya :


Mainkanlah musik yang slow...waa...soo sweett..


9. Drawdio

Intinya alat ini dapat merubah pensil, kuas, bolpen, sampai daun dan kucuran air menjadi instrumen musik ! Mereka mengatakan bahwa alat ini dapat membuat segalanya menjadi Theremin. Saya kurang mengerti juga maksudnya, namun lihat saja demo videonya (kocak juga... wakaka)


10. Ocarina

Mungkin ini adalah yang paling mudah, namun kita perlu punya sebuah iPhone untuk melakukannya.
iPhone + software Ocarina = Alat musik tiup. Ocarina sendiri adalah nama alat musik yang disimulasikan oleh software ini. Software ini menggunakan mic dan touch screen pada iPhone untuk menjadikannya sebuah alat musik. Untuk videonya baca artikel Menyulap iPhone menjadi alat musik tiup
Sumber :
weburbanist.com

No comments:

Post a Comment

Artikel Lainnya

Related Posts with Thumbnails