Tuesday, November 17, 2009

2012 Sebenarnya BUKAN Film Tentang Kiamat !

[Spoiler Warning]
-* Bagi yang belum nonton filmnya, harap berhati-hati *-

Baru kemarin (16 November 2009) saya nonton film 2012 di 21 di mall BIP Bandung. Ini adalah film dengan special effect ter-heboh yang pernah saya tonton !
Film mencoba memvisualisasikan kejadian yang bakal terjadi pada 21 Desember 2012, yang katanya adalah hari kiamat !
Nah lalu kenapa saya bilang ini bukan film tentang kiamat ?
(ingat, ini hanya opini pribadi saya)






Pertama kita bahas sedikit tentang "Ada apa di tahun 2012" :
Nibiru (Planet X)

Dari yang saya tahu berdasarkan sumber2 di internet, konon planet X atau Nibiru orbitnya akan mendekati bumi pada saat itu, dan karena efek gravitasinya, maka terjadi perubahan dalam iklim di bumi yang membuat bencana gila - gilaan, sampai pembalikan kutub magnetik bumi ! Sampai sampai ada juga yang mengatakan bahwa ada alien di planet tersebut yang akan memperbudak manusia bumi !


Solar Flare 

Satunya lagi adalah masalah solar flare (kurang tahu terjemahan tepatnya dalam bahasa Indonesia), saya tidak terlalu tahu detailnya, namun sepertinya ini yang digunakan pada film 2012. Jadi, di film 2012 ini, tidak ada planet X samasekali ! Saya termasuk orang yang "kecewa" karena menuggu datangnya planet X di film ini, yang ternyata tidak kunjung datang ..





Ok, inilah opini saya mengenai kenapa "2012 Sebenarnya itu BUKAN Film Tentang Kiamat !"
Apa sebenarnya definisi dari kiamat itu sendiri ?
Kiamat dunia umumnya berarti akhir dari segalanya, akhir dari bumi, dan akhir dari manusia, tidak ada apapun lagi setelah hari kiamat ! Manusia dan bumi hilang... Selesai !
Tapi di film 2012 ini, setelah bencananya selesai, bumi masih ada, manusia yang mengungsi di bahtera masih hidup (beserta hewan2 yang diungsikan juga), kemudian mereka akan membuat peradaban baru !
Jadi, dimana kiamat nya ??
Kejadian di film tersebut mirip seperti jaman nabi Nuh, lalu apakah kita menyebut bencana air bah jaman Nuh adalah kiamat ? Tentunya tidak, karena toh bumi masih berlanjut sampai sekarang.
Pada film tersebut juga tidak di expose kejadian kiamat yang dijabarkan oleh agama (baik menurut agama Kristen maupun agama Islam) karena tidak sesuatu yang "religius" yang muncul di akhir film.
Jadi sebenarnya kita tidak perlu sewot mengenai "kesesatan" film ini, karena memang film ini sebenarnya tidak menceritakan tentang kiamat sama sekali, "hanya" sebuah bencana skala global, yaitu cataclysmic

Cataclysmic: [TheFreeDictionary]
1. A violent upheaval that causes great destruction or brings about a fundamental change.
Kejadian hebat yang terjadi secara brutal yang menyebabkan kehancuran besar atau membuat perubahan yang mendasar.
2. A violent and sudden change in the earth's crust.
Perubahan yang kasar / keras / brutal serta tiba - tiba pada kerak bumi .
3. A devastating flood.
Banjir yang mematikan / sangat menghancurkan.

- Saya tidak bermaksud membela dan atau memojokkan pihak manapun, ini hanyalah sebuah analisis pribadi, mencoba mengulas dari sudut pandang yang berbeda mengenai film 2012 - 

Share

1 comment:

Artikel Lainnya

Related Posts with Thumbnails