Tuesday, April 20, 2010

Jika Bumi adalah Satu Satunya yang Berkehidupan di Alam Semesta


Mungkin kita sering mendengar kalimat "Semakin kita belajar, maka kita semakin sadar bahwa begitu banyak yang kita tidak tahu." atau kalimat yang serupa seperti itu. Kata-kata itu memang tepat digunakan pada penjelajahan alam semesta ini. Semakin jauh kita menerawang alam semesta, maka kita semakin sadar betapa kecilnya kita. Dahulu orang mengira bumi itu datar, setelah tahu bahwa bumi itu bulat, orang mengira bahwa bumi adalah PUSAT dari alam semesta, sampai akhirnya diketahui bahwa bumi bukanlah pusat alam semesta. Hal semacam itu terjadi pada saya, awalnya saya percaya bahwa kehidupan hanya ada di bumi, namun sekarang saya benar2 meragukannya! Kenapa? Inilah alasannya :






Kita coba menghitung secara amat kasar kemungkinan sebuah planet memiliki kehidupan di bumi, JIKA kita menganggap bahwa bumi adalah SATU-SATUNYA planet yang memiliki kehidupan.

Satu Bintang 9 Planet :
Sendainya kita rata-rata bahwa setiap bintang memiliki 9 planet seperti matahari kita. Karena matahari merupakan bagian dari galaksi maka kita harus memperhitungkan berapa banyak bintang dalam satu galaksi.
Berapa banyak bintang yang terdapat pada satu galaksi saja ?
Video ini membandingkan bumi, matahari dengan bintang terbesar yang dapat diamati untuk saat ini :



Seperti dikatakan dalam video tersebut, bintang yang ada disana hanya bintang di galaksi bima sakti. Galaksi bima sakti "hanya" memiliki antara 200 - 400 milyar bintang. Galaksi tetangga kita, andromeda memiliki sekitar 1 triliun bintang. Kita ambil rata2 yaitu 400 milyar bintang, karena ada dwarf galaxy yang "hanya" memiliki 100 milyar bintang.

Pertanyaan berikutnya, berapa banyak galaksi di alam semesta ini ??
Alam semesta ini belum ditemukan ujungnya, sehingga manusia hanya bisa memperkirakan jumlah galaksi dari bagian alam semesta yang bisa manusia amati saja (observable universe) dan itu hanya sebagian kecil. Dari sebagian kecil itu saja, ternyata terdapat sekitar 170 milyar galaksi.
Foto berikut adalah foto bagian terjauh dari alam semesta yang pernah diambil sampai saat ini (Hubble Ultra Deep Field) :


Dalam foto ini terdapat sekitar 10.000 (sepuluh ribu) galaksi. Foto tersebut diambil pada bagian langit sekecil sepersepuluh bulan purnama (bagian langit sebesar kotak merah). Bayangkan, jika bagian langit sekecil itu bisa memiliki sampai 10.000 galaksi, apalagi keseluruhan langit !!

Ok, sekarang itungannya :
Jadi perkiraan amat kasarnya, berapa buah planet  yang ada :
9*(400 milyar)*(170 milyar) = 6,12 x 1023. Atau : 612.000.000.000.000.000.000.000 planet !!!!
Jadi jika bumi ini hanya SATU-SATUNYA, berarti perbandingannya : 1 : 612.000.000.000.000.000.000.000 planet !
Yakin bumi adalah satu-satu nya? Ok, itu belum seberapa, baca berikutnya.

Tapi kenapa saya masih ragu ? Coba lihat frase "sebagian kecil" yang saya bold. Kita akan lihat sekecil apa bagian yang telah kita amati dengan teleskop super canggih itu ???
Warning : Jangan Kaget Ya.. 

Berdasarkan teori cosmic inflation dan penemunya yaitu Alan Guth, besar dari seluruh alam semesta ini paling tidak 1023 sampai 1026 kali lebih besar dari alam semesta yang dapat manusia amati. Jadi perbandingannya seandainya seluruh alam semesta ini sebesar bumi, maka alam semesta yang dapat diamati manusia sampai saat ini hanya sebesar proton !! Proton adalah inti atom, sehingga ukurannya lebih kecil dari atom!! Jadi apakah kita sendirian di alam semesta ini? Silahkan anda perkirakan sendiri ...

Ilmu pengetahuan terus berkembang, presepsi manusia yang benar bisa menjadi  salah dan yang dikira salah / sesat bisa jadi yang benar. Saat ini kita bisa menertawakan kebodohan orang-orang di masa lalu, kita bisa bilang bahwa pikiran mereka sempit dan sejenisnya, namun sadarkah kita bahwa kepandaian dan kebijakan kita saat ini mungkin akan ditertawakan dan dikatakan sebagai pikiran yang sempit oleh orang-orang di masa depan ??

Bagi yang mau lihat peta alam semesta yang dapat diamati dan dapat dipetakan sampai saat ini, bisa lihat di :
Wikisky.org 
Bagi yang ingin melihat foto2 galaksi dan bintang2, bisa ke situs: Spacetelescope.org

Sumber data : Wikipedia

No comments:

Post a Comment

Artikel Lainnya

Related Posts with Thumbnails